Banyak yang menyebutkan bahwasannya arung jeram bermula di Kawasan Amerika, tak sedikit juga yang bilang Bermula Di

Eropa. Terlepas dari itu semua, Arung Jeram timbul karena kebutuhan yang awalnya untuk menyelamatkan diri dan menyerang orang lain. Seperti pada Perang Dunia II. Di Indonesia Sendiri Arung Jeram yang lebih terkenal dengan sebutan Rafting di kalangan pecintanya sudah ada sejak lama, berawal dari kebiasaan masyarakat dalam memanfaatkan alam.

Semakin berkembangnya zaman, rafting menjadi kegiatan dan gaya hidup baik sebagai wahana penelitian alam maupun rekreasi. Setelah era Kejuaraan Nasional Arung Jeram dimulai, pada akhir tahun 1994, sejak itu standar keamanan dan kenyamanan mulai di perhatikan. Namun, beberapa tahun yang lalu peralatan untuk berarung jeram sangat sulit didapat di Indonesia, dan kalaupun ada harganya sangat mahal. Oleh karena itu sering dalam suatu pengarungan sungai peralatan yang dipakai hanya seadanya saja, seperti misalnya menggunakan perahu yang bukan jenis river boat, pelampung yang seadanya atau pelampung angin yang ditiup. Bahkan cukup banyak pengarung jeram yang tidak memakai helm.

Sebenarnya ada kunci pokok untuk menghindari bahaya-bahaya tersebut, diantaranya Sumber Daya Manusia yang mumpuni dalam mengemudikan perahu dan mampu mengantisipasi kemungkinana – kemungkinan yang bisa terjadi. Serta memperhatikan perlengkapan yang di pakai ketika pengarungan. Ketika hal ini menjadi patokan bagi sejumlah provider arung jeram maka imbas bagi petualang, pehobi, ataupun bagi pecinta kegiatan ini serta pelaksananya adalah standar dan sarana memadai yang menjadikan kegiatan ini dapat berlangsung secara aman, nyaman dan memuaskan, menjadi kenyataan.

So, bagi kalian para penggemar atau penikmat arung jeram / Rafting yang bisa dibilang baru jangan buru –  buru paranoid dulu. Karna kini semua pelaksana Tempat Wisata Arung Jeram sudah sangat memperhatikan keamanan, serta kenyamanan bagi pengunjungnya tentunya hal ini didukung dengan meningkatnya Sumber Daya Menusianya. Khususnya di OBECH AVONTUR, kami sangat memperhatikan anda dengan pelayanan kami. Dengan Karekteristik sungai yang kami gunakan yaitu Sungai Kromong, para guide kami siap untuk membuat kalian nyaman selama pengarungan, ingat “nyaman selama pengarungan ya bukan yang lain :D” karena semua guide kami sudah tersertifikasi.